kusen pintu pvc terbaik

Dan ketika telah diaplikasikan menjadi kusen, baik kusen pintu atau jendela, pabrikan produk UPVC ini mengklaim, kusen UPVC mempunyai beberapa keuntungan, diantaranya :

kelebihan kusen pintu pvc

● Lebih ringan Dengan bahannya yang terbuat senyawa PVC maka kusen ini jauh lebih ringan bila dibandingkan dengan kusen cor beton, kusen kayu atau kusen Aluminium sekalipun.
● Tahan terhadap rayap Tidak seperti kusen kayu, kusen UPVC memang sangat tahan terhadap serangan rayap ( rayap memang tidak “doyan” material dari plastik )
● Anti bocor kusen pintu pvc diklaim sebagai anti bocor, sebab pada design-nya memiliki sebuah saluran khusus yang akan menyalurkan air hujan sehingga tidak bisa merembes ke dalam.
● Anti karat Material kusen pintu pvc tahan terhadap garam, sehingga tidak terjadi proses perkaratan. Mengingat hal ini UPVC sepertinya sangat cocok digunakan pada bangunan-bangunan yang lokasi dekat laut atau pelabuhan.
● Tahan cuaca Sebagaimana material plastik lainnya, UPVC tidak akan mengalami masalah pelapukan. Pada aplikasi kusen, UPVC ini konon telah ditambahkan beberapa bahan tertentu sehingga warnanya tidak cepat pudar.
● Tidak mudah terbakarMeski terbuat dari “keluarga” plastik, UPVC konon telah ditambahkan dengan sebuah bahan yang dapat menghambat menjalarnya api.
● Kedap suaraKusen UPVC dilengkapi dengan “double sealed” yang terbuat dari karet EPDM yang terpasang antara kusen dan daun pintunya. Adanya sistem double sealed ini mampu meredam kebisingan yang datang dari luar, atau sebaliknya.
● Lebih mudah dalam perawatanSalah satu kelebihan kusen UPVC adalah mudah dalam perawatan. Kusen ini mudah dibersihkan ketika kotor ( tinggal di lap dengan kain basah ), juga tidak memerlukan pengecatan, karena warnanya sudah di “mix” secara langsung.
Sedangkan salah satu kekurangan yang cukup mencolok dari UPVC ini adalah terletak pada kekuatannya. Meskipun terdapat pilihan ketebalan yang berbeda, pada aplikasinya di konstruksi bangunan, kusen ini tetap membutuhkan tulangan penyangga untuk menahan beban tembok yang berat.Disamping itu daya tahan terhadap benturan merupakan salah satu kekurangannya ( terlebih yang tipis ).
Pada keseharian, kusen UPVC ini sebenarnya sudah banyak ditemui dan digunakan masyarakat luas. Hanya saja, saat ini penggunaannya sepertinya masih sangat terbatas, yaitu digunakan pada kusen dan daun pintu biasa pada kamar mandi.
Di toko-toko bangunan, saat ini telah tersedia kusen dan pintu UPVC untuk kamar mandi yang tinggal pasang. Harganya, bervariasi, tergantung dari model dan ketebalannya.

kusen pintu pvc

Baca juga info detail kusen pintu pvc

Saat ini bahan-bahan untuk konstruksi bangunan makin dan terus berkembang. Salah satunya adalah bahan untuk membuat kusen, baik itu kusen pintu ataupun jendela.
Sebelumnya, secara konvensional, masyarakat menggunakan kayu ketika harus membuat kusen.Namun ketika harga kayu melonjak naik, maka muncullah beberapa alternatif untuk mengakalinya.
Lalu untuk berhemat bahan bangunan rumah, muncullah kusen yang terbuat dari beton cor. Kemudian muncul kusen pintu dan jendela yang terbuat dari Alumunium yang lebih ringan, kuat dan lebih fleksibel.
Dan terakhir muncul kusen yang terbuat dari Unplasticised Poly Vinyl Chloride atau UPVC.
Selama ini masyarakat telah mengenal bahan yang sejenis ini lewat pipa PVC yang lebih populer dengan nama pipa paralon.

Unplasticised Poly Vinyl Chloride atau UPVC sendiri merupakan bahan sejenis Thermoplastik yang berasal dari unsur garam dan minyak bumi.

Thermoplastik merupakan salah satu bahan yang akan menjadi melunak, meleleh ketika terkena panas( kebalikannya adalah : Thermosetting, yang akan mengeras ketika terkena panas ).
Sesuai sifat dan karakteristiknya, bahan-bahan yang terbuat dari unsur di atas mempunyai sifat tahan perubahan cuaca dan bahan kimia.
Pada aplikasinya ketika digunakan untuk pembuatan kusen bahan-bahan ini dikembangkan dengan penambahan beberapa bahan lain untuk memperkuat strukturnya.